Gigi Rusak Bikin Wanita Susah Hamil

Ghiboo.com – Kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting bagi setiap orang, termasuk wanita. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, wanita yang kesehatan giginya buruk lebih mungkin menghadapi masalah ketika mereka merencanakan kehamilan.

Penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Australia ini menunjukkan bahwa penyakit periodontal (penyakit gusi akibat kerusakan jaringan akar gigi) bisa menghambat kesuburan wanita.

Dalam penelitian tersebut, peneliti melibatkan 1.956 wanita (usia rata-rata 31 tahun) yang berencana untuk segera hamil. Peneliti menemukan sekitar 146 wanita harus membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk hamil. Dari jumlah ini, diketahui bahwa wanita-wanita tersebut sedang berjuang untuk menyembuhkan penyakit periodontal. Wanita yang memiliki masalah periodontal memiliki 42 persen lebih lama untuk segera hamil.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction (Edisi Mei 2012) juga menunjukkan bahwa wanita dengan komplikasi periodontal memerlukan waktu untuk hamil rata-rata 7 bulan, dibandingkan wanita dengan kesehatan gigi yang baik, yaitu hanya 5 bulan. Namun, faktor penyebab lain, seperti obesitas, perokok, atau lanjut usia juga dapat memperlama waktu untuk hamil.

Peneliti masih belum mengetahui apa hubungan antara kesehatan gigi dengan masalah kesuburan wanita. Namun peneliti meyakini bahwa jenis bakteri mulut yang menyebabkan masalah di gigi juga dapat menyebabkan peradangan, yang tidak hanya berdampak pada kesehatan plasenta tetapi mungkin dapat meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Dilansir melalui worlddental (15/5), para wanita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kesehatan mulut, terutama mendapatkan perawatan yang tepat saat menderita penyakit periodontal di tahap awal.

Pos ini dipublikasikan di Info Untuk Anda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s